Sayang Sama Cucu

Sayang Sama Cucu
Saya sama Cucu-cucu: Ian dan Kaila

Minggu, 31 Juli 2016

Pohon Takokak Berbuah Terong



Ini sebenarnya pekerjaan cucu saya Ian Dumadya Rahman, pelajar SMU V Bogor, waktu itu kelas 11 untuk back up satu lomba karya SMU se jabodetabek. Dia dkk mendapat ranking 4. Dia terinspirasi tulisan saya di blog ini memang ada artikel mengenai teknik menyambung tanaman dicotyledone, lengkap dengan pembuatan pisau okulasi /grafting knife. sebab meskipun petani kepingin bisa, pisau itu hargannya tak terjangkau, bikinan pabrik Victorynox Swiss, makanya sebaiknya bikin sendiri dari gergaji besi yang diasah khusus dengan gerinda dan diselesaikan ketajamannya dengan whet stone - batu asah  dari batu hijau bikinan industri kecil di China, aslinya untuk pisau sadap karet, bisa dibeli di toko besi yang menjual alat alat besi untuk pertanian, seperti gunting tanaman, gergaji tanaman untuk memangkas kopi dan cokelat di perkebunan perkebunan besar. Jadi bahannya ada semua untuk keperluan membuat pisau khusus ini. Semua ada di tulisan menganai hal ini di blog ini juga. yang gunanya untuk mengiris taji penyambungan cleft grafting, Sebab tekhnik mengiris sesuai dengan syarat memperoleh permukaan cabang tanaman yang akan dissambungkan ( harus bersih dari hancuran sel sel  hidup, pisau harus tajam sekali dengan katajaman yang tipis dan rata air -halus seperti permukaan kaca, juga sebisa mungkin steril. Makanya diperlukan finishing dengan batu asah yang halus sekali seperti whet stone /batu hijau yang juga harus digosok dulu rata air untuk keperluan mengasah pisau khusus ini. Sekian dari saya Subago pemilik blog ide subagyo blogspot com. ini. Tulisan dibawah ini laporan dari Ian, yang menulis blog ini.
Yang ini tulisannya Ian cucu saya: Pembaca Blog idesubagyo yang saya hormati, berikut ini adalah hasil sambungan dari tanaman takokak dan terong. Saya berhasil menyambung antara tanaman Takokak yang saya sambung dengan terong ungu. Alhamdulillah dapat berbuah dengan sempurna.






Yang ini tulisannya Ian :Tanaman takokak yang saya sambung dengan terong ini menunjukkan bahwa jika kita belajar menyambung tanaman dengan serius, maka hasilnya akan bagus.

 yang ini dari Ide subagyo lha lupa lagi, cleft grafting ini sambung celah. umum di tanaman kopi. Sesudah taji diiris dengan baik dan benar, baru membuat celah  "cleft" di batang bawah. Sebisa mungkin batang atas  dan bt bawah diameternya sama, tidak terlalu tua atau terlalu muda. Setelah tempat potongan dipilih, terus dibuat celah, diiris dari atas vertikal lurus kebawah  tenpa banyak geseran pusau , sepajang taji yang talah disiapkan. Celah harus dibuka dengan jari telunjuk tangan kiri lebih lebar dari tebal irisan taji, supaya tidak menggeser permukaaan irisan waku dipasang. Ditancapkan sampai de dasar celah tanpa menggeser, dilepas pas tertempel sesama cambium, jadi lebar celah sebisa mungkin sama dengan lebar taji. Bila batang bawah lebih besar dipilih pinggir yang kira kira lebarnya sama dengan btg atas/ taji. baru celah menjepit taji, pas. Dipegang dengan jari jari tangan kiri, teguh tanpa menggeser, Terus dibebat dengan rafia selembar ( bukan rangkap) dari bawah leatas sampai menutup permukaan celah/sambugan bebat dimatikan dengan menyelipkan ujungnya kebawah putaran bebat trus ditarik tanpa merubah pegangan jari kiri. Dalam waktu lima hari sambungan akan hidup dngan tanda kesegaran dan warna taji  masih hijau. Bila berubah warna jadi kusam atau coklat, tandanya sambungan gagal. Bebat harus dilepas setelah sambungan benar benar menyatu, supaya tidak mengganggu pertumbuhan secundair. Selamat mencoba -  Kalok cucuku bisa anda pasti bisa. E iya , jangan lupa sambungan anda diberi sungkup dari botol air mineral atau  kantong es lilin supaya tidak kekeringan diikat supaya tidak terbang kena angin. sudah,  insya Allah sambungan anda jadi..





Dengan ilmu menyambung tanaman, maka kita bisa menyambung tanaman dengan baik dan benar.





Demikianlah hasil sambungan saya antara tanaman takokak dan terong ungu.

UJIAN TERHADAP HUKUM MENDEL DASAR DARI GENETIKA KLASIK.

 Ian bilang, para tetangga ( petani desa Kampung Sawah Kecamatan Kemang  Kabupaten Bogor,  posture dan daun sambungan terong ungu diatas batang tekokak ini mirip  tekokak baik posture maupun ukuran dan bentuk daunnya. Mennrut hukum Mendel ini tidak mungkin, seban sifat bentuk dan ukuran daun itu lercantum di chromosome ( gene - sekarang DNA codon) didalam inti sel vegetatip maupun generatip ( 2n chromosime maupun 1n chromosome) Dalam peristiwa penyambungan baik batang atas maupun batang  bawah grafting/ okulasi) cromosome masing masing batang bawah dan batang atas tidak bercampur kayak hasil perkawinan ( Penggandaan generatip). 
Satu tantangan bagi peneliti sungguhan -  apa yang dinamakan hibridisasi vegetatip dan semua aspeknya terhadap individu tanaman tersambung. ( penelitian sudah  dirintis oleh autodidak Russia  I. W. MICHURIN (lahir th  1827), SEORANG PEGAWAI kERETA API  zaman Kekaisaran Russia  - mendapat penghargaan dari Pemerintah di era USSR pada usia lanjut)- yang sayangnya tidak terpantau oleh literatur ilmiah Dunia Barat karena hasil isolasi Dunia Barat terhadap Komunis Russia) jadi tidak sampai pada pemikiran peneliti Petanian kita -*)  




















0 comments:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More